Membangun Usaha Saat Muda

Standard

Ada beberapa alasan mengapa usaha di saat muda perlu dikembangkan, yaitu:

a. Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda, terutama mahasiswa untuk berhasil dalam dunia usaha, yaitu:

  1. Usaha mahasiswa yang berkisar antara 18 sampai 25 tahun memiliki semangat bear untuk meraih mimpinya.
  2. Penguasaan teori yang baik dan pengalaman yang telah ada.
  3. Daya nalar dan sistematika berpikir yang cukup baik.
  4. Kemampuan fisik yang prima
  5. Kreativitas yang tinggi dan lahirnya inovasi

b. Ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan dari status mahasiswa dan kaum muda. Potensi tersebut adalah:

  1. waktu mahasiswa dan pengusaha muda yang relatif masih longgar semasa kuliah dan belum menikah dibandingkan dengan setelah lulus dan bekerja.
  2. Banyak peluang usaha yang dapat digali di sekitar kampus dan komunitasnya.
  3. Simpati masyarakat terhadap kaum muda dan mahasiswa relatif tinggi
  4. Rasa kesetiakawanan dalam almamater yang tinggi

  Merealisasikan Mimpi Menjadi Kenyataan

Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada semua pengusaha muda. Seorang pengusaha yang bekerja keras tanpa mimpi akan menjadi penjudi, seorang pengusaha yang memiliki mimpi dan bekerja keras semangat akan menghasilkan robot pekerja, sedangkan seorang pengusaha yang memiliki mimpi dan semangat tanpa melakukan tindakan apa pun hanya akan menjadi pemimpi. Pengusaha yang berhasil adalah seorang pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat, dan bertindak untuk mencapai tujuan.

Ada pertanyaan, mengapa anak muda sekarang harus bermimpi menjadi pengusaha? Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah:

  1. Persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat
  2. Kebebasan menentukan nasib sendiri dan berkreasi
  3. Potensi mendapatkan penghasilan yang tinggi
  4. Idealisme mengurangi pengangguran

Setelah bersemangat menjadi pengusaha muda, maka bagaimana mencapai mimpi tersebut? Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu:

  1. Mengubah impian menjadi visi
  2. Menyusun recana strategis
  3. Menetapkan rencana jangka pendek

Dalam menyusun rencana jangka pendek, diperlukan perencanaan yang sesuai dengan kaidah SMART, yaitu:

  1. Specific, merupakan tergate yang harus dijabarkan secara jelas dan tidak bermakna
  2. Measurable, merupakan target yang dapat diukur dengan jelas
  3. Achievable, merupakan target yang dapat dicapai dengan realistis
  4. Reasonable, merupakan penetapan target yang mempunyai pijakan yang kuat untuk dapat dicapai
  5. Time Based, merupakan kurun waktu yang telah ditetapkan untuk mencapai target
  6. Melaksanakan usaha

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s